Senin, 10 April 2017

Perangkat Pembelajaran

TUGAS INDIVIDU
SILABUS, RPP, PROTA, PROSEM DAN ANALISIS MINGGU EFEKTIF”
Disusun untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Desain Pembelajaran yang diampu oleh Bapak Supriyo, M.Pd.



Oleh :
Ardi wahyutama        NPM. 14210004

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
TAHUN 2015/2016
SILABUS







Satuan Pendidikan                  : SMA Negeri 1 Metro
Mata Pelajaran                        : Ekonomi

Kelas                                       : XI (sebelas)

Kompetensi Inti                     

KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan pengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metapengetahuan berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber Belajar

1.1     Mensyukuri pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia untuk kesejahteraan rakyat
1.2     Mengamalkan nilai-nilai agama dalam peranannya sebagai pelaku ekonomi


Pembelajaran KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4

Penilaian hasil belajar dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal (catatan pendidik).


2.1     Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, dan mandiri dalam upaya mengatasi permasalahan pembangunan di Indonesia
2.2     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,  tanggung jawab, peduli, dan kritis sebagai pelaku ekonomi.






3.1     Mendeskripsikan  konsep pembangunan ekonomi,  pertumbuhan ekonomi, permasalahan dan cara mengatasinya

4.1     Menyajikan temuan permasalahan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi serta cara mengatasinya.


·      Konsep pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, permasalahan dan cara mengatasinya (pengertian, perencanaan, indikator keberhasilan, faktor-faktor pengaruh, masalah, kebijakan dan strategi pembangunan ekonomi di negera berkembang)


Mengamati
·      Membaca buku teks atau sumber lain yang relevan tentang pengertian pembangunan ekonomi, perencanaan pembangunan ekonomi, indikator keberhasilan pembangunan ekonomi, faktor-faktor yang memengaruhi pembangunan ekonomi, masalah-masalah pembangunan ekonomi di negara berkembang, kebijakan dan strategi pembangunan.
·      Membaca buku teks atau sumber lain yang relevan tentang  pengertian pertumbuhan ekonomi, perbedaan pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi, cara mengukur pertumbuhan ekonomi, dan teori pertumbuhan ekonomi

Menanya
·      Mengajukan pertanyaan tentang pengertian pembangunan ekonomi, perencanaan pembangunan ekonomi, indikator keberhasilan pembangunan ekonomi, faktor-faktor yang memengaruhi pembangunan ekonomi, masalah-masalah pembangunan ekonomi di negara berkembang, kebijakan dan strategi pembangunan.
·      Mengajukan pertanyaan tentang pengertian pertumbuhan ekonomi, perbedaan pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi, cara mengukur pertumbuhan ekonomi, dan teori pertumbuhan ekonomi

Mengumpulkan Informasi
·      Mengumpulkan data dan informasi  tentang pengertian pembangunan ekonomi, indikator keberhasilan pembangunan ekonomi, perencanaan pembangunan ekonomi, faktor-faktor yang memengaruhi pembangunan ekonomi, masalah-masalah pembangunan ekonomi di negara berkembang, kebijakan dan strategi pembangunan,  pengertian pertumbuhan ekonomi, perbedaan pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi, cara mengukur pertumbuhan ekonomi, dan teori pertumbuhan ekonomi melalui berbagai sumber yang relevan (bila mungkin melalui internet)

Menalar/Mengasosiasi
·      Menganalisis  informasi dan data-data yang diperoleh   dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  serta membuat hubungannya untuk mendapatkan  simpulan dan menemukan cara mengatasi masalah pembangunan dan pertumbuhan ekonomi

Mengomunikasikan 
·      Melaporkan  hasil analisis dan temuan dalam bentuk tulisan tentang cara mengatasi masalah pembangunan dan pertumbuhan ekonomi


Sikap
-

Pengetahuan
·      Tes tertulis dalam bentuk objektif dan uraian tentang Pembangunan  dan Pertumbuhan Ekonomi
·      Tugas menyusun laporan tentang cara mengatasi masalah pembangunan dan pertumbuhan ekonomi


Keterampilan
Unjuk kerja dalam kegiatan diskusi/presentasi laporan hasil analisis masalah pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi



  16 JP




·     Buku paket Ekonomi Kemdikbud Kurikulum 2013
·     Buku-buku penunjang yang relevan
·     Media massa cetak/ elektronik
·     www.bappenas.go.id
·     Undang-undang No. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
: SMAN 1 METRO
Mata pelajaran
: Ekonomi
Kelas/Semester
Materi Pokok
: XI IPS 1 / 3
: Pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi
Alokasi Waktu
: 8 JP

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), kritis, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



B.     Kompetensi Dasar

3.9  Mendeskripsikan pasar modal dalam perekonomian

4.9  Menyimulasikan mekanisme perdagangan saham dan investasi di pasar modal


C.    Indikator Pencapaian Kompetensi*)
1. Menjelaskan konsep pertumbuhan ekonomi
2. Menjelaskan indikator pertumbuhan ekonomi
3. Memahami teori pertumbuhan ekonomi
4. Memahami konsep pertumbuhan ekonomi
5. Membedakan pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi
6. Memahami perncanaan pembangunan ekonomi
7. Menjelasakan indikator keberhasilan ekonomi
8. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan    ekonomi
9. Menganalisis masalah-masalah pembangunan ekonomi dinegara berkembang
          10. Menganalisis kebijakan dan strategi pembangunan ekonomi
D.  Tujuan Pembelajaran
1. Menjelaskan konsep pertumbuhan ekonomi
2. Menjelaskan indikator pertumbuhan ekonomi
3. Memahami teori pertumbuhan ekonomi
4. Memahami konsep pertumbuhan ekonomi
5. Membedakan pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi
6. Memahami perncanaan pembangunan ekonomi
7. Menjelasakan indikator keberhasilan ekonomi
8. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi
9. Menganalisis masalah-masalah pembangunan ekonomi dinegara berkembang
10. Menganalisis kebijakan dan strategi pembangunan ekonomi


E. Materi Pembelajaran
       1. Pengertian pembangunan ekonomi
  2. faktor-faktor yang memengaruhi pembangunan ekonomi
3. Masalah-masalah pembangunan ekonomi dinegara berkembang
4. Pengertian pertumbuhan ekonomi
5.Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi





F.  Alokasi Waktu
    
Pembelajaran pertemuan ke-
Materi
Jam Pelajaran
1
Konsep pertumbuhan ekonomi dan indikator pertumbuhan
2 JP
2
Teori pertumbuhan ekonomi
2 JP
3
Konsep pembangunan ekonomi
2 JP
4
Masalah dan kebijakan pembangunan ekonomi
2 JP

G.  Proses Pembelajaran
     Pembelajaran Minggu ke-1 (120 menit)
     1. Proses Pembelajaran

Langakah pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan

1.    Kelas dipersiapkan agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapihan dan kebersihan ruang kelas,presensi, dan menyiapkan media,alat serta buku yang diperlukan).
2.    Guru terlebih dahulu menjelaskan mind map pada Bab 1 yang terdiri atas enam cabang. Cabang-cabang tersebut merupakan subbab  pada Bab I. Cabang pertama kedua merupakan topik topik yang akan dibahas lpada pertemuan minggu pertama yaitu tentang pertumbuhan ekonomi dan indikator pertumbuhan ekonomi.
3.    Guru menyampaikan topik tentang “konsep pertumbuhan dan indikator ekonomi”,dan guru memberi motivasi pentingnya topik ini.
4.    Guru menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik. Guru menekankan pelajaran ini lebih pada pemaknaan dan penerapan, bukan hafalan.
15 Menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1.    Peserta didik diajak untuk mengamati pertumbuhan ekonomi indonesia dengan membaca berita yang tersedia di media electronik.berita mengenai petumbuhan ekonomi juga tersedia didalam buku pelajaran ekonomi dengan judul “Ekonomi Negara Maju,Membaik,Industri RI Tumbuh Positif”.
2.    Peserta mengidentifaksi ciri-ciri pertumbuhan ekonomi.

3.    Peserta didik mencari tahu mengenai indikator pertumbuhan ekonomij



Menanya
4.   guru bertanya pendapat peserta didik mengenai definisi pertumbuhan ekonomi menurut pemahaman sendiri dan mengerjakan kegiatan siswa 1.
5.    Guru bertanya mengenai ciri-ciri pertumbuhan ekonomi
6.    Guru bertanya pendapat peserta didik mengenai indikator pertumbuhan ekonomi.
7.    Guru bertanya cara menghitung laju pertumbuhan ekonomi dengan menggunakan indikator pertumbuhan ekonomi
Mengeksplorasi
8.        Peserta didik diajak untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai pertumbuhan ekonomi dan indikator pertumbuhan ekonomi misalnya mencari referensi buku di perpustakaan
9.        Peserta didik mencari informasi mengenai kondisi pertumbuhan ekonomi indonesia
10.    Peserta didik mencari informasi mengenai cara menghitung laju pertumbuhan ekonomi

Mengasosiasi
11.    Peserta didik mendiskusikan definisi dan ciri-ciri pertumbuhan ekonomi berdasarkan temuan pada berbagai referensi
12.    Peserta didik mendiskusikan indikator pertumbuhan ekonomi
13.    Peserta didik mendiskusikan cara menghitung laju pertumbuhan ekonomi dengan menggunakan indikator pertumbuhan ekonomi dan mengerjakan kegiatan siswa 2 dan kegiatan siswa 3.
14.    Peserta didik menyimpulkan definisi,ciri-ciri ,dan indikator pertumbuhan ekonomi dalam bentuk laporan tertulis.

Mengomunikasikan
15.    Perwakilan peseta didik melaporkan dan mempresentasikan hasil diskusi mengenai definisi,ciri-ciri, dan perhitungan laju pertumbuhan ekonomi.

60 menit
Kegiatan Penutup
1.   Peserta didik diberikan ulasan singkat mengenai konsep pertumbuhan ekonomi dan indikator pertumbuhan ekonomi
2.   Guru mempersiapkan peserta didik untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
3.   Peserta didik diberikan pertanyaan lisan secara acak untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran pada pertemuan kali ini.
4.   Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari dan manfaat yang diperoleh dari pembelajaran.
5.   Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
.
15 Menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar