TUGAS INDIVIDU
“SILABUS, RPP, PROTA, PROSEM DAN ANALISIS MINGGU EFEKTIF”
Disusun
untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Desain Pembelajaran yang diampu oleh
Bapak Supriyo, M.Pd.
Oleh
:
Ardi
wahyutama NPM. 14210004
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
TAHUN 2015/2016
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Metro
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas : XI (sebelas)
Kompetensi
Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati
dan pengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metapengetahuan berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1 Mensyukuri pembangunan dan
pertumbuhan ekonomi di Indonesia untuk kesejahteraan rakyat
1.2 Mengamalkan nilai-nilai agama
dalam peranannya sebagai pelaku ekonomi
|
|
Pembelajaran KI 1 dan KI 2
dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI
4
|
Penilaian
hasil belajar dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar
teman, dan jurnal (catatan pendidik).
|
|
|
2.1 Bersikap jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, kreatif, dan mandiri dalam upaya mengatasi
permasalahan pembangunan di Indonesia
2.2 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, dan
kritis sebagai pelaku ekonomi.
|
|
|
|
|
|
3.1 Mendeskripsikan konsep pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, permasalahan dan cara
mengatasinya
4.1 Menyajikan temuan permasalahan
pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi serta cara mengatasinya.
|
·
Konsep
pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, permasalahan dan cara mengatasinya
(pengertian, perencanaan, indikator keberhasilan, faktor-faktor pengaruh,
masalah, kebijakan dan strategi pembangunan ekonomi di negera berkembang)
|
Mengamati
·
Membaca
buku teks atau sumber lain yang relevan tentang pengertian pembangunan
ekonomi, perencanaan pembangunan ekonomi, indikator keberhasilan pembangunan
ekonomi, faktor-faktor yang memengaruhi pembangunan ekonomi, masalah-masalah
pembangunan ekonomi di negara berkembang, kebijakan dan strategi pembangunan.
·
Membaca
buku teks atau sumber lain yang relevan tentang pengertian pertumbuhan ekonomi, perbedaan
pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi, cara mengukur pertumbuhan
ekonomi, dan teori pertumbuhan ekonomi
Menanya
·
Mengajukan
pertanyaan tentang pengertian pembangunan ekonomi, perencanaan pembangunan
ekonomi, indikator keberhasilan pembangunan ekonomi, faktor-faktor yang
memengaruhi pembangunan ekonomi, masalah-masalah pembangunan ekonomi di
negara berkembang, kebijakan dan strategi pembangunan.
·
Mengajukan
pertanyaan tentang pengertian pertumbuhan ekonomi, perbedaan pembangunan
ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi, cara mengukur pertumbuhan ekonomi, dan
teori pertumbuhan ekonomi
Mengumpulkan Informasi
·
Mengumpulkan
data dan informasi tentang pengertian
pembangunan ekonomi, indikator keberhasilan pembangunan ekonomi, perencanaan
pembangunan ekonomi, faktor-faktor yang memengaruhi pembangunan ekonomi,
masalah-masalah pembangunan ekonomi di negara berkembang, kebijakan dan
strategi pembangunan, pengertian
pertumbuhan ekonomi, perbedaan pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan
ekonomi, cara mengukur pertumbuhan ekonomi, dan teori pertumbuhan ekonomi
melalui berbagai sumber yang relevan (bila mungkin melalui internet)
Menalar/Mengasosiasi
·
Menganalisis informasi dan data-data yang diperoleh dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait
serta membuat hubungannya untuk mendapatkan simpulan dan menemukan cara mengatasi
masalah pembangunan dan pertumbuhan ekonomi
Mengomunikasikan
·
Melaporkan hasil analisis dan temuan dalam bentuk
tulisan tentang cara mengatasi masalah pembangunan dan pertumbuhan ekonomi
|
Sikap
-
Pengetahuan
·
Tes
tertulis dalam bentuk objektif dan uraian tentang Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi
·
Tugas
menyusun laporan tentang cara mengatasi masalah pembangunan dan pertumbuhan
ekonomi
Keterampilan
Unjuk kerja dalam kegiatan diskusi/presentasi
laporan hasil analisis masalah pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi
|
16 JP
|
·
Buku
paket Ekonomi Kemdikbud Kurikulum 2013
·
Buku-buku
penunjang yang relevan
·
Media
massa cetak/ elektronik
·
www.bappenas.go.id
·
Undang-undang
No. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: SMAN 1 METRO
|
Mata pelajaran
|
: Ekonomi
|
Kelas/Semester
Materi Pokok
|
: XI IPS 1 / 3
: Pembangunan ekonomi dan
pertumbuhan ekonomi
|
Alokasi Waktu
|
: 8 JP
|
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), kritis, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
3.9
Mendeskripsikan pasar modal dalam perekonomian
4.9
Menyimulasikan mekanisme perdagangan saham dan investasi di pasar modal
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi*)
1. Menjelaskan konsep pertumbuhan ekonomi
2. Menjelaskan indikator pertumbuhan ekonomi
3. Memahami teori pertumbuhan ekonomi
4. Memahami konsep pertumbuhan ekonomi
5. Membedakan pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi
6. Memahami perncanaan pembangunan ekonomi
7. Menjelasakan indikator keberhasilan ekonomi
8. Mengidentifikasi faktor-faktor
yang mempengaruhi pembangunan ekonomi
9. Menganalisis masalah-masalah
pembangunan ekonomi dinegara berkembang
10.
Menganalisis kebijakan dan strategi pembangunan ekonomi
D. Tujuan Pembelajaran
1. Menjelaskan konsep pertumbuhan ekonomi
2. Menjelaskan indikator pertumbuhan ekonomi
3. Memahami teori pertumbuhan ekonomi
4. Memahami konsep pertumbuhan ekonomi
5. Membedakan pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi
6. Memahami perncanaan pembangunan ekonomi
7. Menjelasakan indikator keberhasilan ekonomi
8. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi
9. Menganalisis masalah-masalah pembangunan ekonomi dinegara berkembang
10. Menganalisis kebijakan dan strategi pembangunan ekonomi
E. Materi
Pembelajaran
1. Pengertian pembangunan ekonomi
2. faktor-faktor yang memengaruhi pembangunan ekonomi
3. Masalah-masalah pembangunan
ekonomi dinegara berkembang
4. Pengertian pertumbuhan ekonomi
5.Perbedaan pembangunan ekonomi
dan pertumbuhan ekonomi
F. Alokasi
Waktu
Pembelajaran pertemuan ke-
|
Materi
|
Jam Pelajaran
|
1
|
Konsep pertumbuhan ekonomi dan indikator pertumbuhan
|
2 JP
|
2
|
Teori pertumbuhan ekonomi
|
2 JP
|
3
|
Konsep pembangunan ekonomi
|
2 JP
|
4
|
Masalah dan kebijakan pembangunan ekonomi
|
2 JP
|
G. Proses
Pembelajaran
Pembelajaran
Minggu ke-1 (120 menit)
1.
Proses Pembelajaran
Langakah pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1.
Kelas dipersiapkan agar lebih kondusif untuk
proses belajar mengajar (kerapihan dan kebersihan ruang kelas,presensi, dan menyiapkan
media,alat serta buku yang diperlukan).
2.
Guru terlebih dahulu menjelaskan mind map pada
Bab 1 yang terdiri atas enam cabang. Cabang-cabang tersebut merupakan
subbab pada Bab I. Cabang pertama
kedua merupakan topik topik yang akan dibahas lpada pertemuan minggu pertama
yaitu tentang pertumbuhan ekonomi dan indikator pertumbuhan ekonomi.
3.
Guru menyampaikan topik tentang “konsep
pertumbuhan dan indikator ekonomi”,dan guru memberi motivasi pentingnya topik
ini.
4.
Guru menyampaikan tujuan dan kompetensi yang
harus dikuasai para peserta didik. Guru menekankan pelajaran ini lebih pada
pemaknaan dan penerapan, bukan hafalan.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1.
Peserta didik diajak untuk mengamati
pertumbuhan ekonomi indonesia dengan membaca berita yang tersedia di media
electronik.berita mengenai petumbuhan ekonomi juga tersedia didalam buku
pelajaran ekonomi dengan judul “Ekonomi Negara Maju,Membaik,Industri RI
Tumbuh Positif”.
2.
Peserta mengidentifaksi ciri-ciri pertumbuhan
ekonomi.
3.
Peserta didik mencari tahu mengenai indikator
pertumbuhan ekonomij
Menanya
4.
guru bertanya pendapat peserta didik mengenai
definisi pertumbuhan ekonomi menurut pemahaman sendiri dan mengerjakan
kegiatan siswa 1.
5.
Guru bertanya mengenai ciri-ciri pertumbuhan
ekonomi
6.
Guru bertanya pendapat peserta didik mengenai
indikator pertumbuhan ekonomi.
7.
Guru bertanya cara menghitung laju pertumbuhan
ekonomi dengan menggunakan indikator pertumbuhan ekonomi
Mengeksplorasi
8.
Peserta didik diajak untuk mencari informasi
lebih lanjut mengenai pertumbuhan ekonomi dan indikator pertumbuhan ekonomi
misalnya mencari referensi buku di perpustakaan
9.
Peserta didik mencari informasi mengenai
kondisi pertumbuhan ekonomi indonesia
10.
Peserta didik mencari informasi mengenai cara
menghitung laju pertumbuhan ekonomi
Mengasosiasi
11.
Peserta didik mendiskusikan definisi dan
ciri-ciri pertumbuhan ekonomi berdasarkan temuan pada berbagai referensi
12.
Peserta didik mendiskusikan indikator
pertumbuhan ekonomi
13.
Peserta didik mendiskusikan cara menghitung
laju pertumbuhan ekonomi dengan menggunakan indikator pertumbuhan ekonomi dan
mengerjakan kegiatan siswa 2 dan kegiatan siswa 3.
14.
Peserta didik menyimpulkan definisi,ciri-ciri
,dan indikator pertumbuhan ekonomi dalam bentuk laporan tertulis.
Mengomunikasikan
15.
Perwakilan peseta didik melaporkan dan
mempresentasikan hasil diskusi mengenai definisi,ciri-ciri, dan perhitungan
laju pertumbuhan ekonomi.
|
60 menit |
Kegiatan Penutup
|
1.
Peserta didik diberikan ulasan singkat mengenai
konsep pertumbuhan ekonomi dan indikator pertumbuhan ekonomi
2.
Guru mempersiapkan peserta didik untuk bertanya
mengenai materi yang belum dipahami.
3.
Peserta didik diberikan pertanyaan lisan secara
acak untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran pada pertemuan kali ini.
4.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi
pembelajaran yang telah dipelajari dan manfaat yang diperoleh dari
pembelajaran.
5.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
.
|
15 Menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar